Keelokan Pantai Maneron Sepulu Bangkalan - Nuansa Kehidupan
Headlines News :
Home » » Keelokan Pantai Maneron Sepulu Bangkalan

Keelokan Pantai Maneron Sepulu Bangkalan

Written By Reng Dhisah on Jumat, 21 Januari 2011 | 08.16

Disadari atau tidak, pantai Maneron di pesisir barat perairan Selat Madura memang menawarkan keelokan estetika alam yang amat mempesona. Pantai ini berada di lingkup alam pegunungan di Desa Maneron, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. 

Bentuk pantainya yang melengkung sepanjang 1 km lebih menggelar hamparan pasir putih, halus, padat dan bersih kemilau. Bahkan, karena pantainya menghadap ke ufuk barat, maka di tempat ini pun pelancong dapat menikmati ajaibnya perjalanan alam sunset.

Tidak hanya itu, hamparan pantai Maneron yang menjorok landai ke arah perairan Selat Madura, juga memiliki kandungan air laut amat jernih yang senantiasa menyapa pelancong dengan buaian keramahan gemulungnya ombak. Suasana semacam ini akan menggoda siapa saja untuk mandi dan bercengkerama dengan ombak yang tidak pernah marah atau minta korban.

Lebih asyik lagi, karena mata dimanja dengan kehijauan hamparan hutan khas pantainya. Dari tempat ini, pelancong dapat pula menyaksikan lidah api yang menjilat-jilat ke langit di tengah laut. Lidah api muncrat dari sebuah cerobong eksploitasi pengeboran minyak lepas pantai milik perusahaan asing Kodeco.

Bisa Jadi Andalan
Pantai Maneron yang diceritakan ini merupakan sajian alamiah apa adanya dan belum ada tata riasnya. Pantai yang elok ini memang nyaris belum tersentuh rekayasa tangan manusia, seperti di kawasan wisata yang sudah berkembang. Akibatnya, kehadiran pantai Maneron yang masih bagaikan "perawan" desa hingga saat ini belum mampu menarik perhatian banyak orang.

"Jujur saja, sejauh ini, potensi kepariwisataan alam Maneron ini belum dilirik oleh Pemda Kab Bangkalan. Andaikata pantai ini dikemas menjadi sebuah industri pariwisata, paling tidak dipoles dengan pengadaan beberapa fasilitas bernuansa pariwisata, bukan tak mungkin suatu saat nanti Maneron menjadi tujuan wisata andalan Bangkalan," komentar Direktur Madura Consultant, Ir H Mog Yasin Marsely, ketika melongok pantai itu.

Menurut Moh Yasin, sentuhan fasilitas awal bagi Maneron untuk sementara waktu tak usah muluk-muluk. Langkah awalnya, Pemda Kab Bangkalan perlu membebaskan lahan penduduk untuk membuat prasarana jalan masuk ke lokasi tersebut. Ini penting, karena tanpa itu, mustahil Maneron bisa dikembangkan sebagai obyek wisata daerah.

Pendapatnya itu didasari kenyataan bahwa pantai Maneron memang tidak seperti pantai Pasir Putih di Situbondo, pantai Tanjung Kodok di Lamongan, pantai Popoh di Tulungagung atau pantai Sanur dan Kuta di Bali, yang semuanya terletak di pinggir jalan protokol.

Pantai Maneron sendiri cukup jauh dari jalan protokol jurusan Kecamatan Sepulu - Kecamatan Bangkalan Kota. Loksi pantai ini masih dikelilingi hamparan persawahan. "Saya perkirakan, jika dibuat jalan aspal selebar 4 x 700 m biayanya tidak lebih dari Rp 350- Rp 400 juta. Itu sudah termasuk biaya pembebasan lahan," ujar Moh Yasin, yang juga Dirut PT Soka Abadi, sebuah perusahaan pengembang (real estate).

Disarankannya, selain jalan masuk, di seputar lokasi pantai Maneron diperlukan pengadaan beberapa sarana dan prasarana lain. Di antaranya lahan parkir, jembatan untuk menyeberangi sungai kecil menjelang masuk loki pantai, kios cinderamata, tempat bilas, 4 hingga 5 saung atau tempat berteduh, musholla, dan kios-kios untuk makan dan minum. Perlu dilengkapi dengan fasilitas permainan untuk anak-anak seperti ayunan, luncuran, patung kuda-kudaan atau dremulen mini.

"Saya kira, dengan sederet fasilitas sederhana tersebut, Maneron sudah bisa dijual. Jadi untuk sementara tak usah yang muluk-muluk, seperti hotel, cottage, restoran berstandar internasional dan segala macamnya," tambah Moh Yasin. 

Menurut dia, untuk membangun fasiltias awal tersebut, paling-paling dibutuhkan dana dari APBD sekitar Rp 1,5 miliar. Dana itu dipandangnya cukup memadai, kalau benar-benar digunakan untuk membangun fasilitas itu dan tidak ada koruipsinya. "Kalau sebagian dana dicolong, ya dana sebesar itu tidak akan cukup," tambahnya. []
Share this article :

8 komentar:

  1. hi... aku udah nyari lokasi pantai ini sampe towaf muter2 g ketemu. malah nyasar ke belakang rumah penduduk yg pantainya g begitu berpasir. ada peta lengkap atau nomer telpon yg bisa dihubungi g? klo ada kbri aku di indieart87@gmail.com
    thx

    BalasHapus
  2. Jalan masuknya memang agak rumit, karena melewati persawahan. Jalannya agak lebar tapi belum bisa dilewati mobil, cuma baru bisa di lewati motor. Disitu juga ada tempat kramat yang sering di ziarahi oleh orang dari luar desa.

    Untuk kesana, silahkan tanya ke penduduk desa setempat yang ada di pinggiran jalan raya.

    BalasHapus
  3. tanya aja sama adi ku di sana ini no tlpnya 087851321515 namanya mat limin.

    BalasHapus
  4. Foto-foto dan berita tentang desa ini sungguh sangat menyenangkan sekaligus mengingatkan saya pada masa anak-anak. Semasa sekolah rakyat, kini SD, banyak teman dari desa ini dan saya sering bermain ke rumah mereka. Makanan yang sangat saya suka kala itu; rujak (rojag)khas madura dan mangga (pao)maneron yang beroma khas. Saya juga suka dan kadangkala merindukannya, minum la'ang campur parutan mangga muda, cabe rawit, dan sedikit garam. Rasanya nikmat sekali kendati kepedasan. Sekarang desa ini tentu sudah banyak berubah setelah lebih setengah abad tidak lagi main-main ke sini, namun yang pasti perubahan ini nampak jelas di bagian luar karena desa ini selalu saya lewati setiap kali saya pulang kampung, desa sepulu kampung jalau'. Selamat ya dan saya sangat membanggakan adanya laman ini, yang saya buka secara kebertulan saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Anda sekarang dimana ya, maksud saya domisilinya di daerah mana, saya sangat rindu dan kangen sama orang-2 atau teman-2 yang berasal dari desa kami tercinta Sepulu, ketika Anda menyebut Sekolah Rakyat saya teringat sekali pada masa kecil saya waktu itu saya di SR (sekarang SD) kebetulan saya bersekolah di SD Prancak dekat morpenih, tolong dong infonya saya tunggu ya, sangat sangat kangen sekali sama Anda barang kali Anda salah satu dari teman saya, trim atas infinya, balas ya

      Hapus
  5. Sebenarnya bisa membuat satu hal yang unik dan berbeda. Pantai tidak selalu identik dengan cindera mata. Bisa lihat contohnya Jimbaran di Bali. Itu dulunya juga sama, tidak ada yang melirik sama sekali dan tersembunyi. Kini hanya dengan menjual eksotisme lokasinya dan ikan bakar khasnya, Jimbaran bisa melegenda. Ingat wilayah dekat Surabaya adalah asset penting pariwisata. Dengan keramahan dan kemudahan akses bukan tidak mungkin derajat kehidupan masyarakatnya akan terdongkrak. Smoga pemkab Bangkalan meresponse lebih lanjut.

    BalasHapus
  6. kami yang di rantau mengharap pantai itu dapat dikembangkan sehingga menjadi tempat wisata yang terkenal minimal sebagai jujugan wisata di daerah sepulu dan bangkalan pada umumnya.

    BalasHapus
  7. Mantap Pulau Madura... Ayoo para Investor segera invest di pulau Madura
    Dijual Lahan Di Bangkalan Madura Luas 27000m2, Siap produksi Garam dan bisa buat Tambak Udang dan Ikan Bandeng. Pemilik Langsung 081807777191(wa). Vidio Lahan : https://www.youtube.com/watch?v=3uPranTIZCI&t=13s

    BalasHapus

.
 
Alamat : Maneron - Kecamatan Sepulu
Kabupaten Bangkalan
Pedesaan Nan Indah
Supported: CT and AR - Maneron