Sejarah Nama Sepulu (Kec. Sepolo) Kabupaten Bangkalan - Nuansa Kehidupan
Headlines News :
Home » » Sejarah Nama Sepulu (Kec. Sepolo) Kabupaten Bangkalan

Sejarah Nama Sepulu (Kec. Sepolo) Kabupaten Bangkalan

Written By Reng Dhisah on Jumat, 01 Januari 2010 | 02.50

Menurut Wikipedia, Sepulu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Daerah ini terletak di Pulau Madura. Dari sejarahnya nama Sepulu ada dua versi,  Sepulu berasal dari 1 pulau kecil (se pulau) yang konon daerah ini jika air laut pasang maka membentuk pulau kecil sehingga masyarkat memberi nama Sepulau (Sepulu). 

Sepulu berasal dari jumlah sumur-sumur yang dulunya dikeramatkan dan biasa dijadikan sumber air minum oleh masyarakat, rasanya enak dibandingkan sumber air lainnya, sepanjang tahun airnya takpernah kering. Sumur-sumur itu berjumlah 10 Sepuluh (Sepulu) sumur(sumber) sehingga kerena air merupakan sumber kehidupan manusia maka dinamakanlah desa tersebut Sepulu. Sampai saat ini sumur-sumur yang masih dijadikan sumber air minum sebagian masih ada dan difungsikan dengan baik." 

Namun, penulis disini sedikit menambahkan tentang Sepulu yang penulis ketahui, sebagai berikut:

Sepulu (bahasa Madura ; Sepolo/Sapolo) adalah nama Kecamatan (Kec. Sepulu) juga nama Desa (Ds. Sepulu). Ds. Sepulu ini terletak di pinggiran pantai yang sebelah baratnya berbatasan dengan Ds. Maneron yang masih dalam ruang lingkup kecamatan Sepulu, sebelah selatan berbatasan dengan Ds. Kalabetan, sebelah timur berbatasan dengan Ds Prancak, sedangkan sebelah utara adalah luat lepas. Sebagaimana masyarakat pinggiran pantai, profesi sebagai nelayan menjadi profesi sebagian dari masyarakat disana. Ds. Sepulu menjadi pusat pemerintahan dalam ruang lingkup kecamatan, sehingga kantor kecamatan, kantor polisi, pasar dan pertokohan-pun ada di desa tersebut.

Sepulu juga nama sebuah kecamatan (Kec. Sepulu). Sebelah timur berbatasan dengan kecamatan. Tanjung Bumi. Selatan, kecamatan Kokop dan Geger. Barat, Kecamatan Klampis, yang kebetulan berbatasan langsung dengan Ds. Klampis. Sebelah utara adalah laut lepas.

Sejarah mengenai Sepulu memang banyak versi, dan apa yang disebutkan di dalam wikipedia merupakan bagian dari versi-versi sejarah yang ada. Namun, cerita yang berkembang dalam masyarakat di lingkungan kecamatan Sepulu sendiri bukan seperti itu. Sepulu dalam bahasa Madura adalah Sapolo/Sepolo, nama untuk menyebut angka sepuluh (10). Untuk pengucapan kata Sapolo atau Sepolo tergantung dari kebiasaan masyarakat masing-masing. 

Cerita yang berkembang dalam masyarakat disana adalah nama Sepulu diambil dari jumlah santri yang dulu pernah datang ke wilayah tersebut. Konon, ada 10 santri (musyafir) pengelana yang berasal dari arah barat, berjalan di dipinggir pantai dan sesampai di sebuah tempat, kesepuluh santri tersebut kemudian menetap. Nah tempat kesepuluh santri yang menetap itu kemudian di namakan Sepolo, yang selanjutnya dalam bahasa Indonesia disebut Sepulu. Jika kata "Sepulu" mengikuti nama angka 10, maka seharusnya dalam bahasa Indonesia adalah "Sepuluh" (Kec. Sepuluh / Ds. Sepuluh). Namun, jika mengikuti vokal penyebutan dalam bahasa Madura, maka dapat dibenarkan dengan penyebutan "Sepulu". Berasal dari kata "Sepolo" berubah menjadi "Sepulu". Sehingga disebut Kec. Sepulu dan Ds. Sepulu.


Penulis : Rohim
Share this article :

3 komentar:

  1. Sanget senneng macah tolesan paneka se acareta agi asal muasal nyamah Sepolo. Sakalangkong. Sampean lerres, bannya'versi soal ka'dinto maske sadajana ta'gampang e verifikasi. Laen misallah, nyamah kampong "ahadhan",nama ka' dinto gampang e bukteagi kantos mangken. Masyarakat molae lamba' nyebut saka'dinto sebab badha pasar mengguan se rammeh e are ahad. Tape kaula tertarik soal 10 somor se sampean kutip dari wikipedia. Maske samangken sossa e bukte agi, apareng oneng ja' e kampung jalau', lamba' e tengga saba samangken e kiri kanan epon ampon bannya' roma, badha somor molae lamba' daddi somber aeng menom penduduk sekitar epon. Somor ta' pernah asat maske mosem nemor tor e menom ta'osa e massa'galluh. Samangken somor gi' badhah tape ta' oneng ponapa tetap bannya' oreng se ngala' daddi aeng menom. Salam

    BalasHapus
  2. salam jughan,
    sakalangkong ampon berbagi e blog panekah,

    BalasHapus
  3. careta ga paneka ampon kauleh kaonenge dhari oreng seppo se mendimen, karesessan badan kaule alumni SMP sepolo angkatan pertama, bktho paneka nyare careta tentang sapolo tape sumber bacaana (daftar pustaka/maroji) ta'epangghi kantos samangken namong badhana seradhan paneka sakone bannyak bisa ekagabai pedoman, salam tuk teman alumni SMP Sepulu angkatan pertama.

    BalasHapus

.
 
Alamat : Maneron - Kecamatan Sepulu
Kabupaten Bangkalan
Pedesaan Nan Indah
Supported: CT and AR - Maneron